Wednesday, September 24, 2014

Lakukan Ini Saat Kecelakaan


Lakukan Ini Saat Kecelakaan
-





















Setiap kali Anda mengendarai kendaraan, risiko kecelakaan memang tidak bisa dihindari.
Karena, kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. melibatkan diri Anda sendiri atau pengguna jalan di sekitar Anda. Jika hal tersebut menimpa Anda, maka sebaiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk melindungi diri Anda, dan cara menolong pihak lain yang menjadi korban. Tapi, sebelum Anda mencoba untuk menolong, sebaiknya Anda menghubungi ambulans terlebih dulu, kemudian ikuti beberapa tip-tip berikut.

  • Perhatikan kondisi korban. Sebelum memberikan pertolongan pada korban kecelakaan, perhatikan seluruh tubuhnya: Apakah ada yang terluka? Jika ada, bersihkan segera dengan obat merah atau betadine,untuk menghindari terjadinya luka yang lebih dalam, atau infeksi. Apabila korban berada dalam kondisi pingsan,,lakukan resusitasi jantung-paru..Caranya: Berikan tekanan tepat di bagian tengah dada korban. Pada korban pria, kompresi bisa dilakukan di antara 2 puting dada, sedangkan pada wanita dapat ditekan pada bagian tengah tulang dadanya..Jika korban masih tidak sadar, tunggu kedatangan ambulans, lalu minta untuk dibawa secepat mungkin ke rumah sakit.
  • Perhatikan suasana sekitar. Setelah memberikan pertolongan pertama ke korban, Anda harus memindahkan korban ke lokasi yang tidak ada bensin, api, listrik, atau barang-barang lain yang bisa membahayakan kondisinya.
  • Cari yang aman. Pastikan juga bahwa korban dipindahkan ke area yang lebih aman dan tidak memperburuk kondisinya, yaitu di permukaan yang rata dan tidak tajam atau berbatu.
  • Cek kesadaran. Untuk mengecek kesadaran korban, tanyakan nama dan bagian tubuhnya yang terasa sakit. Jika korban dalam keadaan sadar, periksa bagian kepalanya dan jaga agar napasnya tetap lancar sambil menunggu pertolongan lebih lanjut dari paramedis.

0 comments:

Post a Comment