Wednesday, September 24, 2014

Pola Makan Sehat Karbohidrat


Pola Makan Sehat Karbohidrat
-





















Berikut adalah catatan dari dr. Samuel Oetoro, SpGK, Clinical Nutritionist  dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, yang bisa Anda jadikan panduan.


  • Hindari makanan tinggi karbohidrat menjelang tidur. Namun ini bukan berarti Anda harus menghindari semua karbohidrat. Anda bisa pilih karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi sepanjang hari sehingga kadar gula darah akan naik secara perlahan.
  • Hal ini tentu saja tidak berlaku jika Anda seorang atlet atau pelari, karena pola makannya jelas berbeda. Seminggu sebelum bertanding, konsumsi karbohidrat harus dihindari. Tujuannya adalah untuk mengosongkan karbohidrat yang terdapat di otot. Untuk membantu pengosongan tersebut umumnya adalah dengan latihan yang intensitasnya cukup berat. Setelah proses pengosongan, gula yang terdapat di otot pun akan berkurang. Maka, setelah itu barulah akan dimasukan karbohidrat sebanyak-banyaknya. 
  • Jika Anda termasuk orang yang beraktivitas rendah, maka porsi konsumsi karbohidrat Anda pun harus seimbang –sedikit saja.

0 comments:

Post a Comment