Saturday, September 20, 2014

Revida Putri : Bagaimana Membuat Autoblog di Blogger



Membuat Autoblog di Blogger

Membuat Auto blog di blogger. Auto Blog adalah sebuah sebuah blog dimana artikelnya terupdate otomatis tanpa diketik secara manual. Auto blog sangat cocok bagi orang yang tidak punya banyak waktu untuk update artikel mungkin karena kesibukan, tidak mempunyai ide untuk menulis artikel atau blogger malas.

Auto Blog Sebenarnya tidak di anjurkan karena auto blog sangat merugikan blog / website lain yang memiliki konten original. Sebuah blog / website yang menjadi target auto blog dapat berdampak buruk, selain konten telah dicuri bisa juga blog / website pemilik original konten tersebut terindeks duplikat konten sehingga berpengaruh negatif dalam perkembangan ranking blog.

Sebelum anda menjalankan auto blog,  perlu kita ketahui bahwa Auto blog rentan terhadap banned Google. Google tidak menyukai blog yang update otomatis karena dianggap spamming dan dihitung sebagai duplikat konten. 

CARA MEMBUAT AUTO BLOG DI BLOGGER

Membuat auto blog sebenarnya sangat modah, hanya mengambil rss feed dari blog / website lain dan melakukan beberapa settingan. Agar lebih jelas, perhatikan cara membuat auto blog platform blogspot di bawah :

1. Pengaturan di blogspot 
  • Login ke blogger
  • Pilih Setting (Setelan) >>> Mobile & Email
  • Pada Email posting isikan Secret Word sesuai keinginan misalkan sby.auto@blogger.com
  • Simpan Setelan
2. Persiapan RSS Feed
Persiapan kedua adalah mencari blog / website sebagai target  untuk di ambil RSS Feednya. Anda bisa mencarinya di Google berdasarkan keyword tertentu. Misalnya anda ingin membuat Niche "Berita", search di Google dan ambil Rss Fedd Blog / website tersebut. Perlu di ingat, terkadang RSS feed yang kita dapat tidak menampilkan artikel full. Hanya memunculkan bagian header saja atau gambarnya tidak nampak. Nah, jadi anda harus bisa memilih RSS feed mana yang cocok untuk di jadikan auto blog. 

3. Pengaturan Berlangganan Feed
Auto Blog sebenarnya menggunakan metode berlangganan feed ke email dan kemudian bisa diteruskan ke blogger. Ada beberapa situs penyedia berlangganan Feed misalnya Rssforward.com dan blogtrottr.com. Kunjungi salah satu sesuai keinginan. Masukkan RSS feed yang sudah anda ambil tadi dan alamat akun email kemudian Subscribe.

3. Pengaturan di Gmail
Untuk membuat auto blog sebaiknya gunakan akun gmail abal - abal saja. Silahkan login ke akun gmail anda. Lakukan setelan di bagian setting ( pojok kanan atas).
Cara Setting :
  • Klik Tab "Filters" >>> Create a New Filter
  • Pada kotak isian  "From" isikan alamat berlangganan feed anda misal rssforward.com kemudian Create.
  • Selanjutnya klik tab "Forwading and POP/IMAP >>> Add Forwarding Address
  • Masukkan alamat email "Secret Word" yang anda buat di pengaturan bloggspot.
  • Verifikasi alamat email tersebut dengan kembali ke blogger. Lihat postingannya akan ada email balasan.
Jika di artikan maka jalur artikelnya akan seperti ini :
RSS Feed Blog / Website >>> Artikel Berlangganan >>> Email >>> Blog


Nah, jika semua langkah sudah di jalankan maka auto blog anda sudah jadi. Pada bagian pengaturan blogspot, kita bisa mengatur settingan auto publish atau simpan di draft terlebih dahulu. Pilih sesuai keinginan. Untuk pengoptimalan sebaiknya setting simpan di draft agar bisa di edit terlebih dulu sebelum di publish. untuk menghindari duplikat konten atau spamming. Tapi ingat, blog saya jangan di jadikan target auto blog karena penangkalnya sudah terpasang :P. Silahkan di coba.

0 comments:

Post a Comment