Friday, September 26, 2014

Revida Putri : Makalah “FOKUS PADA FACEBOOK FAN PAGE”.


Dalam penyusunan makalah ini penyusun telah mendapat banyak bantuan dan petunjuk yang sangat berguna dari berbagai pihak. Oleh karena itu penyusun menyampaikan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen mata kuliah
Seminar Pemasaran. Dan kepada semua anggota kelompok  yang telah mendukung terselesaikannya makalah ini. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih memerlukan banyak sekali pembenahan, mengingat penyusun masih dalam taraf belajar, oleh karena itu saya mengharapkan adanya saran dan kritik dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah  ini.






DAFTAR ISI

Kata Pengantar                        ............................................................................            1
Latar Belakang                        ............................................................................            3
Tantangan dihadapi             ............................................................................            4
Pembahasan                        ...........................................................................            4
Strategi yg dilaksanakan            ...........................................................................            5
Kesimpulan                                     ...........................................................................            6
Daftar Pustaka                        ...........................................................................            6













Latar Belakang
Data dari www.worldinternetstats.com terkait pertumbuhan dunia teknologi informasi menunjukkan bahwa pengguna internet di dunia tahun ini mencaaapai 2,27 miliar orang. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah pengguna internet pada lima tahun lalu. Kemudian, pemanfaatan dan fungsi situs jejaring social seperti facebook, twitter, dan sebagainya pun makin marak dan berkembang.
Penggunaan internet dewasa ini kian multifungsi. Tak hanya sebagai sarana mendapatkan suatu informasi, tapi juga merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh pemilik merek guna menyampaikan produk serta keunggulan-keunggulan yang ada pada merek tersebut. Tidak Cuma itu, internet pun bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan edukasi terkait merek atau produk kepada konsumen. Nyatanya, cakupan kekuatan dari internet sudah lama di manfaatkan oleh tessa yang merupakan salah satu merek tisu keliatan PT Graha Kerindo Utama. Meskipun pemanfaatan media social baru booming sekarang ini, tessa sudah lama aktif du jejaring social. Tepatnya sejak tahun 2011.
Saat ini, tisu tessa menggunakan media social yang dikelola sendiri oleh PT Graha Kerindo Utama, antara lain website, facebook fanpage, dan twitter. Dari seluruh media social yang dikelola, tisu tessa ini memfokuskan pada facebook fanpage. Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa media digital adalah salah satu marketing channel yang tepat untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Sifatnya pun menjadi interaktif karena terjadi komunikasi dua arah, antara pemilik merek dengan konsumen. Penggunaan media digital, semisal facebook dan twitter ini dirasa mampu menarik minat public lebih efektid disbanding dengan menggunakan media lain.
Fan page  facebook adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Beberapa orang ahli pun pasti memiliki pengertian fan page facebook sendiri sesuai dengan apa yang mereka pelajari. Manfaat Fan Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans) sebanyak-banyaknya dan kemudian kirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan.  Dengan semakin banyaknya jumlah Fans / penggemar halaman / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan uang.  Maka dari itu tisu tessa memfokuskan pemasaran produknya pada facebook fanpage ini.
Tantangan yang dihadapi oleh Tisu Tessa
Di dalam menjalani proses pemasaran yang mengacu pada fan page di facebook pastinya ada beberapa tantangan yang harus di hadapi oleh pemilik merek tisu tessa ini. Salah satunya ia harus menja proteksi dari fan page tisu tessa sendiri karena yang kita ketahui banyak sekali hacker-hacker yang sudah merambah di Indonesia bahkan untuk membobol facebook atau fan page saja itu hal yang sangat mudah bagi para hacker. Untuk itu tissue tessa ini bagaimana cara memproteksi fan pagenya agar tidak di salah gunakan yang akhirnya bisa merugikan pihak perusahaan sendiri. Karena disini hanya tisu tessa lah yang menggunakan media social dalam proses memasarkan produknya.
Memasarkan pada media social kebanyakan produk makanan, produk pakaian dan yang lainnya tetapi disini tessa berani mempromosikan produk tisu ke dalam media social yang ada, yang biasanya hanya kita lihat pada iklan di televise maupun di banner-banner yang dipasang di pinggir jalan. Tetapi disini tisu tessa juga mengalami tantangan bagaimana produk mereka bisa di terima dikalangan pengguna social media. Karena pengguna facebook akan berfikir bahwa hanya produk tisu saja di pasarkan di fan page seperti ini. Tetapi tujuan dari tisu tessa ttidak langsung menawarkan produk langsung kepada konsumen, akan tetapi mereka hanya membuat kesadaran konsumen akan merek produk tissue tessa ini menjadi lebih meningkat. Karena dengan bergabungnya tisu tessa ini masyarakan pasti akan melihat isi fan pagenya walaupun ia tidak langsung membeli produknya, tetapi masyarakat akan aware pada merek produk tersebut.
Tantangan selanjutnya yang di hadapai tisu tessa ini yaitu masyarakat kurang menyadari tujuan yang dilakukan oleh tisu tessa. Jadi masyarakat hanya membiarkan iklan yang sudah dipasang di fan page tisu tessa dan masyarakat mengabaikan hal tersebut mereka tidak sama sekali melihat iklan yang sudah di tampilkan. Oleh karena itu ini menjadi salah satu tantangan yang harus di hadapi, bagaimana cara ia mempercantik dan memikat konsumennya agar masyarakat lebih aware dan memiliki hasrat untuk melihat fan page dari tisu tessa itu sendiri.

Pembahasan dan pemecahan masalah
1.     Pemetaan persaingan
Analisis SWOT :
Strenght : tissue tessa mempunyai kekuatan dalam hal memasarkan produk di bidang social media karena ia belum mendapat saingan dari tisu manapun. Ia menjadi leader dalam hal memasarkan produk pada media social terutama di fan page facebook, yang artinya ia yang pertama kali memasarkan produk tisu pada jaringan social media. Yang pastinya akan sangat menguntungkan karena bisa menambah pangsa pasarnya menjadi lebih luas dan lebih meningkat.

Weakness : kelemahan pada strategi yang sudah dilakukan ini yaitu masalah proteksi, karena di internet sendiri sudah banyak orang yang melakukan spam-spam yang pastinya mengganggu masyarakat yang melihat fan page dari tissue tessa sendiri dan juga sudah banyak hacker-hacker yang jail untuk membobol dan membuat fan page tersebut menjadi rusak. Itu bisa jadi di manfaatkan oleh para pesaingnya untuk mengambil pangsa pasar yang sudah di tuju oleh tisu tessa.

Opportunity : peluang yang akan dicapai oleh tisu tessa itu sendiri yaitu mereka bisa meningkatkan pangsa pasar menjadi lebih luas lagi, karena pengguna internet di Indonesia maupun di luar negri tidak ada batasan lagi maka dari itu masyarakat bisa saja menjadi aware dengan tisu tessa ini sendiri karena dengan adanya mereka pada dunia social media yang pastinya akan sangat berpengaruh sekali pada penjualannya.

Thread : ancaman yang akan dihadapi oleh tisu tessa sendiri pastinya adalah pesaing, pesaing akan selalu mengikuti dan mencari celah jika perusahaan tisu tessa lalai. Pesaing pasti akan mengikuti memasarkan produknya pada facebook dan twitter untuk mengalahkan dan mengambil pasar dari tisu tessa. Kemudian juga ancaman selanjutnya masyarakat menjadi bosan dengan produk tisu tessa yang hanya melakukan promosi yang tidak ada untungnya bagi masyarakat. Strategi yang dilakukan hanya menguntungkan pihak tisu tessa sendiri, maka masyarakat akan meninggalakan dan tidak menghiraukan apa yang sudah di lakukan oleh tisu tessa di dalan fan pagenya.

2.     Strategi yang sudah dilaksanakan
·      Advertising pada Media Sosial untuk membangun komunikasi dua arah yaitu pemilik merek dengan konsumen. Disini tissue tessa memfokuskan promosinya di bidang social media agar memperluas pangsa pasarnya yaitu seluruh pengguna facebook yang kita ketahui pengguna facebook di Indonesia sudah sangat banyak sekali.
·      In store promo, sejauh ini media social yang dimiliki tessa belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal. Secara spesifik media social belum pernah digunakan. Sampai saat ini media social tersebut baru dioptimalkan untuk memberikan informasi kegiatan promosi yang dilakukan pada in store promo atau event tertentu. Sejauh ini tessa melakukan kegiatan promosi pada in store maupun event yang tujuannya untuk mengetahui perilaku konsumen, setelah itu diketahu jenis promo seperti apa yang paling efektif.
3.     Alternative yang bisa digunakan
Strategi yang bisa di gunakan ya itu dengan menggunakan campaign melalui media social yang pasti jauh lebih efektif dibandingkan campaign yang konvensional. Apalagi, campaign tersebut tidak membutuhkan biaya yang besar dan bisa memanfaatkan sumber daya yang ada, namun sasaran yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Tisu tessa ini tidak perlu membuat tim khusus untuk menangani media social karena bisa di lakukan oleh siapa saja dan setiap saat, tetapi dampak bagi follower ataupun fans tessa tetap ada yang positif.

Kesimpulan
Dari seluruh media social yang dikelola, tisu tessa ini memfokuskan pada facebook fanpage. Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa media digital adalah salah satu marketing channel yang tepat untuk membangun komunikasi dengan konsumen. Sifatnya pun menjadi interaktif karena terjadi komunikasi dua arah, antara pemilik merek dengan konsumen. Penggunaan media digital, semisal facebook dan twitter ini dirasa mampu menarik minat public lebih efektid disbanding dengan menggunakan media lain. Tetapi disini tisu tessa juga harus menyiapkan ancaman-ancaman yang akan dihadapinya jika nantik ia terus memakai facebook fan page sebagai pilihan untuk media promosinya.

Daftar Pustaka
·      Artikel focus pada facebook fan page

·      www.marketing.co.id

0 comments:

Post a Comment