Saturday, September 20, 2014

Revida Putri : Tips Mempercepat Loading Blog


7/03/2013
Tips Mempercepat Loading Blog - Mungkin judul postingan seperti ini sudah tidak asing lagi bagi kita, disini saya hanya membahas kembali dan memberikan beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu sobat dalam masalah loading halaman blognya sobat.
Dari sekian banyak blog yang kita kunjungi kita bisa menilai mana blog yang cepat untuk diakses dan lambat ketika diakses oleh kita, ada beberapa faktor yang menyebabkan blog kita lambat untuk diakses diantaranya adalah widget, gambar, css dan javascript/jquery....
Review dari faktor-faktor tersebut.

1. Widget

Bagi sebagian sobat blogger mungkin widget merupakan salah satu element yang penting dalam blog selain untuk memepercantik tampilan blog dan juga memepermudah pengunjung untuk melihat daftar beberapa artikel dalam blog kita seperti artikel populer, artikel terbaru, random post, komentar terbaru, social page dll. Tapi kita bisa melihat sendiri blog yang memiliki banyak widget lebih lambat waktu loadingnya ketika diakses karena harus membuka beberapa file/isi dari widget itu sendiri, misalnya widget recent comment dengan menampilkan gambar, dalam widget ini harus meload javascriptnya terlebih dahulu kemudian menampilkan gambar/avatarnya, sedangkan widget-widget yang lain sedang menunggu untuk diload seperti widget dari google+ ataupun facebook yang memebutuhkan waktu lumayan lama untuk menampilkanya, sehingga mengakibatkan lambatnya dalam membuka halaman dalam blog tersebut.

2. Gambar

Kenapa Gambar pada blog dapat menyebabkan loading blog menjadi lambat ketika diakses??  mungkin sobat sudah tau alasanya, bisa dari ukuran gambar yang terlalu besar, bisa juga dari lambatnya server/sumber dari gambar itu sendiri, tentu kita harus bisa memilih server yang lebih baik untuk tempat kita menghosting gambar yang akan kita gunakan untuk blog kita..

3. CSS (Cascading Style Sheet)

Seperti yang kita ketahui CSS merupakan akar dari sebuah desain blog/website yang kemudian digabungkan dengan HTML yang akhirnya membentuk sebuah element. Para desainer menggunakan CSS untuk mempercantik atau mempertampan tampilan blognya agar terlihat keren/macho, tapi ada beberapa yang menagatakan terlalu banyak menggunakan css bisa menyebabkan loading blog/website menjadi agak lambat karena ukuran page pada blog/website tersebut menjadi besar, saya juga sedang menelusuri hal ini. 

4. Javacript dan jQuery

Penggunaan javascript dan jQuery yang berlebihan juga dapat menyebabkan loading blog menjadi agak lambat tapi ini tidak begitu mempengaruhi, sama seperti css bisa menambah ukuran halaman blog tersebut, jadi kurangi penggunaan javascript yang tidak pelu atau tidak terlalu penting..

Itu sedikit review dari beberapa faktor yang dapat menyebabkan loading sebuah blog menjadi lambat ketika diakses yaaaaaa walupun pada dasarnya semua itu tergantung dari KONEKSI INTERNET yang kita gunakan... semakin bagus koneksi internet yang kita gunakan semakin cepat kita berselancar...

Saya akan memberikan sedikit tips dari beberapa rewiw diatas yang mungkin bisa sedikit mempercepat loading blognya sobat..
  1. Pilihlah beberapa widget yang menurut sobat penting yang dapat memudahkan pengunjung untuk menemukan dan membaca artikel pada blog sobat, saya sarankan hanya widget popular post dan widget label dan navigasi/petunjuk yang mengarah pada daftar isi.
  2. Buang widget atau elemen dalam widget yang tidak diperlukan, sobat bisa memilihnya sendiri mana yang menurut sobat lambat keitka diakses.
  3. Jangan menggunakan gambar dengan ukuran terlalu besar ketika membuat postingan, gunakan ukuran wajar saja maksimal lebar kurang dari 500px dengan format .JPEG, ukuran gambar yang kecil lebih baik..
  4. Gambar yang digunakan untuk desain blog, jika gambar itu berukuran kecil kurang dari 20kbdisarankan untuk merubahnya kedalam bentuk file base64 karena dapat mengurangi permintaan http dari server lain, sehingga dapat mempercepat loading page dalam pada blog sobat.
  5. Foto/avatar untuk tampilan komentar default blogger lebih lama diload karena harus merubah ukuran foto yang tadinya 512x512px kedalam ukuran yang telah ditentukan dengan css pada komentar tersebut. Agar loadingnya lebih cepat gunakan thread comment hack. (resiko ditanggung sendiri) :>)
  6. Gunakan tag conditional pada CSS, JavaScript dan jQuery untuk halaman tertentu agar ukuran halaman blog sobat tidak terlalu besar. Misalnya CSS untuk komentar disarankan untuk menggunakan tag conditional untuk halaman posting dan halaman statis, begitupun javascript dan jquery. Kita harus menentukan mana yang akan kita tampilkan dihalaman utama, halaman posting, halaman statis, halaman label dll.
  7. Kurangi penggunakan css box shadow, css linear ataupun gradient agar blog lebih ringan saat discroll..
  8. Untuk javascript dan jquery yang panjang (text dalam javascript tersebut banyak) seperti pada javascriptnya emoticon, syntax highlighter dll disarankan untuk menggunakan penyimpatan online seperti google code, google drive dll, sehingga lebih cepat diakses karena browser sudah menyimpanya kedalam cache browser itu sendiri walapun pada saat petma kali memanggil file tersebut misalnya dengan format emoticon.js agak lama tetapi ketika sudah terpanggil maka file tersebut sudah masuk dalam cache browser yang kita gunakan.
  9. Meletakkan javascript diatas kode </body> lebih baik daripada meletakkanya diatas kode</head> karena javascript yang diletakkan diatas kode </body> akan dipanggil/diload belakangan sehingga content/artikel dapat terlihat lebih dulu. Sebaliknya untuk javascript yang diletakkan diatas kode </head> akan diload lebih dulu, sehingga artikel akan terlihat setelah javascript tersebut selesai diload, karena yang dicari oleh pnegunjung adalah informasi bukan menunggu loading blog selesai.. :d
 Itulah sedikit penjelasan dan tips mengenai loading blog, semoga bermanfaat untuk kita semua...

0 comments:

Post a Comment